MUSDALIFAH, 11211202714 (2017) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG SIKAP GURU BIDANG STUDI AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH BAITUSSALAM KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (458kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (333kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang sikap guru bidang studi agama Islam dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Baitussalam Kabupaten Kampar. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang sikap guru bidang studi agama Islam dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Baitussalam Kabupaten Kampar? Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di Madrasah Tsanawiyah Baitussalam Kabupaten Kampar, sedangkan objek penelitiannya adalah persepsi siswa tentang sikap guru bidang studi agama Islam dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Baitussalam Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTS Baitussalam yang terdiri dari kelas VII, VIII, dan IX yang berjumlah 44 orang. Oleh karena populasi kurang dari 100 maka lebih baik diambil semua sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Mengingat jumlah populasi ini kurang dari 100 atau 50 maka dari itu untuk memperoleh data diatas yang diperlukan dalam penelitian ini tidak menggunakan sampel.Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang sikap guru bidang studi agama Islam dalam proses pembelajaran variabel bebas (X) dan motivasi belajar siswa variabel terikat (Y). Pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan teknik korelasi Koefisien Kontengensi. Dari hasil analisa statistik dengan menggunakan korelasi koefisien kontengensi diketahui persepsi siswa tentang sikap guru bidang studi agama Islam dalam proses pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, dengan perolehan harga phi (0) sebesar 0,413 lebih besar dari “r” table pada taraf signifikan 5% = 0,304 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,393.Dengan cara lain dapat ditulis dengan 0,304<0,413>0,393. Dengan demikian maka Ha (hipotesa alternatif) diterima dan Ho (hipotesa nihil) ditolak. Jadi ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang sikap guru bidang studi agama Islam dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar siswadi Madrasah Tsanawiyah Baitussalam Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 04:00 |
Last Modified: | 20 Aug 2019 04:00 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17696 |
Actions (login required)
View Item |