Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU

ULFA KHOERUROH (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017615PMT.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017615PMT.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017615PMT.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017615PMT.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017615PMT.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017615PMT.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017615PMT.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017615PMT.pdf

Download (615kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017615PMT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017615PMT.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017615PMT.pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Instruction yang valid, praktis serta mampu memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R & D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian adalah dosen dan guru sebagai validator serta siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru sebagai subjek uji coba. Objek penelitian adalah LKS Berbasis Problem Based Instruction dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Data diperoleh melalui proses validasi LKS oleh validator, proses praktikalitas LKS oleh siswa, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar uji praktikalitas dan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil uji validitas LKS Berbasis Problem Based Instruction termasuk kategori sangat valid dengan persentase 84,65% dan hasil uji praktikalitas LKS Berbasis Problem Based Instruction termasuk kategori sangat praktis dengan persentase 83,17%, serta berdasarkan hasil tes, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa termasuk kategori sedang dengan persentase 74,71%. Sehingga hasil tersebut mengidentifikasi LKS Berbasis Problem Based Instruction yang dikembangkan valid, praktis, dan dapat memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci: LKS, Model Problem Based Instruction, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 19 Aug 2019 08:32
Last Modified: 19 Aug 2019 08:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17618

Actions (login required)

View Item View Item