DWI PUTRI UTAMI, 11215204514 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS ACTIVE LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (862kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (519kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (639kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (519kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (639kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (983kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (530kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh kebutuhan siswa dalam pembelajaran menggunakan bahan ajar sebagai pengalaman dalam belajar yang menggunakan LKS konvensional yang beredar dipasaran. Hal ini belum dapat memfasiltasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Penenelitian bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis Active Learning yang valid, praktis, dan efektif, serta dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 kampar Timur. Model pengembangan yang dilakukan sesuai dengan Model 4-D (Four D), yaitu Define, Design, Develop, and Desseminate atau diadaptasikan menjadi model 4P, yaitu Pendefenisian, Perancangan, Pengembangan, dan Penyebaran. Instrumen pengumpulan data berupa lembar uji validitas, lembar uji praktikalitas, lembar uji efektifitas dan soal posttes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang dikembangkan tergolong dalam kriteria valid (78,33%), praktis (79,11%) untuk kelompok kecil, praktis (86,46%) untuk kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil posttest, kemampuan komunikasi matematika siswa sudah tergolong baik dengan persentase rata-rata skor posttest kelompok eksperimen lebih besar dari rata-rata skor posttest kelompok kontrol dan perbedaan rata-rata posttest kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol signifikan. Kata kunci: LKS, Active Learning, Komunikasi Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 19 Aug 2019 05:01 |
Last Modified: | 19 Aug 2019 05:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17502 |
Actions (login required)
View Item |