Anita Pronika (2018) Manajemen Pendidikan Islam Dalam Pandangan Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka) 1908-1981. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 2018110TMPI_COVER.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
2. 2018110TMPI_PENGESAHAN.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
3. 2018110TMPI_KATA_PENGANTAR.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
4. 2018110TMPI_DAFTAR ISI.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
5. 2018110TMPI_ABSTRAK.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
6. 2018110TMPI_BAB I.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
7. 2018110TMPI_BAB II.pdf Download (748kB) | Preview |
|
|
Text
8. 2018110TMPI_BAB III.pdf Download (374kB) | Preview |
|
Text
9. 2018110TMPI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (794kB) |
||
|
Text
10. 2018110TMPI_BAB V.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (350kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah, 1) untuk mengetahui Bagaimana Konsep Manajemen Pendidikan Islam menurut HAMKA, 2) untuk mengetahui Bagaimanakah Pengaruh Pemikiran Manajemen Pendidikan Islam HAMKA terhadap Pemikiran Islam di Indonesia. Metode Penelitian ini adalah dengan menggunakan Content Analysis, pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan History dan Sufistik. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode Dokumentasi, dan teknik analisis data dengan menggunakan Content Analisyis dengan cara Deskritif Analitik. Penelitian ini merupakan Riset Kepustakaan (Library Research) yang memfokuskan objek kajiannya berupa sumber-sumber teoritis yang bersifat tertulis. Hasil Penelitian ini menemukan bahwa Manajemen Pendidikan Islam menurut pandangan HAMKA yaitu terletak pada Tauhid, Tauhid menurut HAMKA, kepercayaan yang dimulai dengan tasydiq kemudian diteruskan dengan amal dilahir. Konsep iman ini sesuai dengan konsep iman Asy’ariyyah, hanya saja Hamka lebih menekankan pada perbuatan-perbuatan manusia sebagai refleksi kepercayaan (iman) itu sendiri. Tujuan manajemen pendidikan islam HAMKA ini ada dua dimensi yaitu kebahagiaan didunia dan diakhirat, dengan mencari keridhahan Allah, Dan teori ini disebut teori Education Theologyis atau At-Tauhid AtTarbiyah. Tokoh Pendidikan Islam yang mempengaruhi Manajemen Pendidikan HAMKA diantaranya, K.H Hasyim Asy’ari (1871-1947), K.H Ahmad Dahlan (18641923), Dan Ki Hajar Dewantara (1889-1959). Dan tokoh Pemikiran Islam yang dipengaruhi Manajemen Pendidikan Islam HAMKA diantaranya, Sayyed Muhammad Naquib Al-Attas (1931-1774), K.H Wahid Hasyim (1914-1953), dan Abdullah Nashih Ulwan (1928-1987). Tujuan Manajemen Pendidikan Islam, menurut HAMKA, sama dengan tujuan penciptaan manusia itu sendiri, yakni untuk mengabdi dan beribadah kepada Allah SWT. Simpulan penelitian ini adalah Manajemen pendidikan islam menurut pandangan HAMKA merupakan pendidikan yang harus di manajemenkan dengan baik untuk mencapai kebahagian didunia dan akhirat, Sumber utamanya yaitu AlQuran. Saran penelitian ini yaitu, 1), Kebijakan, kepada pemerintah diharapkan dapat membuat kebijakan dalam merumuskan Konsep Manajemen Pendidikan Islam menurut pandangan HAMKA. 2), Sosialisasi, kepada lapisan masyarakat diharapkan dapat menanamkan pemikiran Pendidikan HAMKA ini dalam kehidupan sehari-hari. 3) Internalisasi, kepada instansi yang terkait diharapkan konsep ini dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan dan dapat di implikasikan
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 16 Aug 2019 05:54 |
Last Modified: | 16 Aug 2019 05:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17443 |
Actions (login required)
View Item |