Rosfilawati Farma (2018) Pembinaan Profesional Guru Sains Oleh Kepala Madrasah Dalam Pengintegrasian Ilmu Di MAN Kabupaten Kampar. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201882TMPI_COVER TESIS.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
2. 201882TMPI_PENGESAHAN.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201882TMPI_KATA PENGANTAR.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201882TMPI_DAFTAR ISI.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201882TMPI_ABSTRAK.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201882TMPI_BAB I.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201882TMPI_BAB II.pdf Download (638kB) | Preview |
|
|
Text
8. 201882TMPI_BAB III.pdf Download (431kB) | Preview |
|
Text
9. 201882TMPI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (908kB) |
||
|
Text
10. 201882TMPI_BAB V.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201882TMPI_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (345kB) | Preview |
Abstract
Madrasah Aliyah adalah lembaga pendidikan formal yang bernaung di bawah Kementrian Agama, semestinya semua kegiatan termasuk proses pembelajaran harus bernuansakan Islam, salah satunya adalah pembelajaran pengintegrasian ilmu agama dan sains. Agar pembelajaran terintegrasi ini terujud perlu dilakukan pembinaan oleh berbagai pihak terutama kepala madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembinaan kompetensi profesional guru Sains oleh kepala Madrasah dalam pengintegrasian ilmu di 3 MAN Kabupaten Kampar. Subjek dan imforman penelitian ini sebanyak 3 orang kepala madrasah dan 30 orang guru sains. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan wawancara, menyebarkan kuisioner dan mengumpulkan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran integrasi ilmu agama dan sains di tiga MAN tersebut sudah dilaksankan tetapi pelaksanaannya tidak terprogram, sehingga tidak berjalan maksimal, hal ini diketahui dari hasil wawancara, penyebaran angket ke guru sains serta dokumentasi. Adapun factor yang mempengaruhi pelaksanaan pembinaan adalah (1) factor internal berasal dari diri guru itu sendiri yairu latar belakang pendidikan non keagamaan, kepribadian yang tidak mau berusaha dan pengalaman mengajar, (2) factor eksternal yaitu sarana dan prasarana, peserta didik serta lingkungan. Kata kuni: Pembinaan, Kompetensi Profesional dan integrasi ilmu
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 29 Jul 2019 07:09 |
Last Modified: | 29 Jul 2019 07:09 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16915 |
Actions (login required)
View Item |