Tri Rahayu Erna Budiarti (2018) Akhlak Guru Dan Murid Menurut Imam Al- Ghazali Dalam Kitab Ihya ulumuddin Serta Relevansinya Terhadap Kurikulum 2013. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201868TPAI_COVER.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
2. 201868TPAI_PENGESAHAN.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201868TPAI_KATA PENGANTAR.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201868TPAI_DAFTAR ISI.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201868TPAI_ABSTRAK.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201868TPAI_BAB I.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
8. 201868TPAI_BAB III.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201868TPAI_BAB II.pdf Download (640kB) | Preview |
|
|
Text
9. 201868TPAI_BAB IV.pdf Download (735kB) | Preview |
|
|
Text
10. 201868TPAI_BAB V.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201868TPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (353kB) | Preview |
Abstract
Pada dasarnya dunia pendidikan merupakan sebuah sarana yang tepat untuk meningkatkan dimensi akhlak pada diri manusia. Akhlak ialah keadaan yang bersifat batin dimana dari sana lahir perbuatan dengan mudah tanpa dipikir dan tanpa dihitung resikonya. Sementa akhlak guru dan murid ialah aturan tentang mengajar yang di tentukan. Berangkat dari permasalahan di atas, maka penulis mengangkat rumusan masalah bagaimana akhlak guru dan murid menurut Imam al-Gazhali dalam Ihya Ulumuddin dan relevansinya terhadap kurikulum 2013. Dalam penulisan tesis ini merupakan penelitian library research. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah study kepustakaan dengan mengkaji serta menganalisis akhlak guru dan murid menurut Imam al-Ghazali yang meliputi sumber primer dan sekunder untuk kemudian disimpulkan. Pendekatan yang digunakan yakni kualitatif dan histories filosofis. Semendata metode analisis data menggunakan metode deskriptif analitik. Melalui metode tersebut akhlak guru dan murid menurut Imam al-Ghazali dianalisi secara menyeluruh dan mendalam guna memperoleh kesimpulan. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa akhlak guru dan murid menurut Imam al-Ghazali yakni a). Akhlak guru meliputi; kasih sayang kepada peserta didik, meneladani Rasulullah,menilai secara kholistik, Menegur murid dengan sindiran, Memberikan pelajaran sesuai dengan taraf kemampuan, tidak menjelekkan pelajaran tertentu, menerangkan secara global, Mengamalkan ilmunya, b). Akhlak murid meliputi: kesucian jiwa, tidak terikat pada tali keduniaan, tidak bersikap angkuh atau sombong, tekun dalam menuntut ilmu, tidak memaksa menguasai disiplin ilmu, tidak Menggabungkan semua cabang ilmu, hakikat dan objektif disiplin ilmu, mengetahui sebab-sebab ilmu, harus ikhlas dalam menuntut ilmu, mengetahui kaitan ilmu yang dipelajari. Adapun relevansinya terhadap kurikulum 2013 yakni; a. guru yakni menekankan kasih sayang, menjadi tauladan, memberi predikat sesuai kemampuan, tidak menjelekkan murid, menerangkan secara global, mengamalkan ilmunya, b. Murid meliputi; kesucian jiwa (KI), tidak terikat pada keduniaan (KD), tidak bersikap angkuh dan sombong (KD), tekun belajar (KI-2), tidak memaksakan, dan tidak menggambungkan semua cabang ilmu.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 18 Jul 2019 08:39 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 08:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16301 |
Actions (login required)
View Item |