Muhammad Syaipudin (2018) Pengaruh Pengetahuan Etika Bisnis Islami dan Religiusitas terhadap perilaku pedagang makanan jajanan sekolahan di lingkungan SDN Pekanbaru. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201857TES_COVER.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
2. 201857TES_PENGESAHAN.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201857TES_ABSTRAK.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201857TES_KATA PENGANTAR.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201857TES_DAFTAR ISI.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201857TES_BAB I.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201857TES_BAB II.pdf Download (649kB) | Preview |
|
|
Text
8. 201857TES_BAB III.pdf Download (480kB) | Preview |
|
Text
9. 201857TES_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
||
|
Text
10. 201857TES_BAB V.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201857TES_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (323kB) | Preview |
Abstract
Islam merupakan agama yang dianut oleh sebagian besar pedagang makananan jajanan sekolahan , memiliki sumber hukum berupa Al Qur’an dan sunnah Rasul. Di dalam kedua sumber hukum tersebut terdapat aturan mengenai tata cara bisnis yang beretika. Sebagai seorang muslim, hendaknya dalam melakukan aktivitas bisnis perlu dilandasi oleh perilaku etis yang sesuai dengan ajaran islam. Namun masih terdapat pedagang yang berperilaku tidak etis dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Diantara faktor yang mempengaruhi perilaku pedagang adalah faktor interpretasi terhadap hukum dan ibadah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang makanan jajanan sekolahan yang berada di lingkungan SD Negeri Pekanbaru dan sampel yang diambil sebanyak 66 pedagang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada responden, selanjutnya data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Untuk menguji hipotesis, digunakan uji parsial (t test) dan uji simultan (F test) pada taraf signifikansi 5%. Untuk mengetahui kontribusi variabel dependen terhadap variabel independen, digunakan uji koefisien determinasi (adjusted R2). Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pengetahuan etika bisnis islami (X1) terhadap variabel perilaku pedagang (Y). Sedangkan untuk variabel religiusitas (X2) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap variabel perilaku pedagang (Y). Dan secara uji simultan (uji F) diperoleh nilai F hitung sebesar 4.490 dengan probabilitas signifikansi 0.015 < α (0.05), sehingga dapat dikatakan bahwa secara bersama-sama variabel religiusitas dan pengetahuan etika bisnis islami berpengaruh terhadap perilaku pedagang. Hal ini juga dapat dilihat dari persamaan regresi linear berganda sebagai berikut Y = 39.766 + 0,22X1 + 0,218X2 berdasarkan persamaan tersebut terlihat bahwa koefisien regresi dari masing-masing variabel independen bernilai positif, artinya variabel pengetahuan etika bisnis islami dan religiusitas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang. Kata kunci : Penegtahuan Etika Bisnis Islami, Religiusitas dan Perilaku pedagang
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 15 Jul 2019 08:18 |
Last Modified: | 15 Jul 2019 08:18 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15930 |
Actions (login required)
View Item |