RIA ELVITA (2018) PERAN PENYULUHAN DAN LAYANAN INFORMASI DALAM MEMBINA HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN (Studi Kasus di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea & Cukai Tipe Madya Pabean B Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018181KOM.pdf Download (742kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018181KOM.pdf Download (583kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018181KOM.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_2018181KOM.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018181KOM.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018181KOM.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018181KOM.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018181KOM.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB IV_2018181KOM.pdf Download (712kB) | Preview |
|
Text
10. BAB V_2018181KOM.pdf Restricted to Repository staff only until 2018. Download (805kB) |
||
|
Text
11. BAB VI_2018181KOM.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA_2018181KOM.pdf Download (256kB) | Preview |
Abstract
Membina hubungan harmonis dengan pelanggan bagi isntansi pemerintah yang bergerak dalam bidang jasa haruslah lebih di utamakan. Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea & Cukai Tipe Madya Pabean B Pekanbaru merupakan bagian dari Kantor wilayah Direktorat Jenderal Bea & Cukai Riau dibawah naungan dan pengawasan dari Kementerian keuangan RI yang memiliki peran untuk mengatasi masalah kepabeanan dan cukai. Penyuluhan dan Layanan Informasi sebagai praktisi humas selalu membantu memberikan informasi kepada pelanggannya dalam melakukan kegiatan ekspor maupun impor agar tidak terjadinya kesalahpahaman atau keliru dalam mendapatkan informasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran Penyuluhan dan Layanan Informasi dalam membina hubungan dengan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber penelitian ini adalah seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi beserta staff, kemudian hasil observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penyuluhan dan Layanan Informasi sudah berjalan, sesuai dengan peran humas yang berperan sebagai memberikan informasi kepada pelanggan, menjadi mediator, fasilitator proses pemecahan masalah dengan melakukan analisa terlebih dahulu untuk memecahkan suatu permasalahan dan teknisi komunikasi. Kata kunci : Peran, Penyuluhan dan Layanan Informasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ms. Eva Susilawati |
Date Deposited: | 10 Jul 2019 07:07 |
Last Modified: | 10 Jul 2019 07:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15631 |
Actions (login required)
View Item |