PUTRI RIDJKY AMALIA (2018) STRATEGI PEMASARAN PRODUK AMANAH PADA PEGADAIAN SYARIAH CABANG SUBRANTAS PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER__2018161EI.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN__2018161EI.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK__2018161EI.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR__2018161EI.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI__2018161EI.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I__2018161EI.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II__2018161EI.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III__2018161EI.pdf Download (616kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV__2018161EI.pdf Restricted to Repository staff only Download (967kB) |
||
|
Text
10. BAB V__2018161EI.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA__2018161EI.pdf Download (125kB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang penulis mengambil judul ini karena penjualan pada produk amanah pada Pegadaian Syariah Cabang Subrantas masih fluktuatif, padahal Pegadaian Syariah Cabang Subrantas sudah menawarkan tarif margin yang murah jika dibandingkan dengan lembaga leasing lain, ditambah lagi produk amanah sudah menggunakan prinsip-prinsip syariah pada kegiatan operasionalnya. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk amanah yang diterapkan Pegadaian Syariah Cabang Subrantas, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi Pegadaian Syariah Cabang Subrantas dalam memasarkan produk amanah dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran produk amanah pada Pegadaian Syariah Cabang Subrantas. Penelitian ini dilakukan di Pegadaian Syariah Cabang Subrantas yang berlokasi di Jalan Subrantas km. 10,5 Pekanbaru. Pengambilan sample diambil berdasarkan rumus slovin sebanyak 3 orang pegawai dan 33 nasabah produk amanah dengan metode total samping. Teknik mengumpulkan data observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Metode penulisan secara deduktif yakni menggunakan kaidah atau pendapat yang bersifat umum dan diambil kesimpulan secara khusus dengan permasalahan yang dibahas. Selanjutnya penulis menganalisa data dengan metode desktiptif kualitatif yaitu setelah data terkumpul dan dilakukan penganalisaan lalu digambarkan dalam bentuk uraian sehingga diperoleh gambaran umum tentang masalah yang diteliti. Penelitian ini dilakukan berdasarkan teori strategi pemasaran jasa dari Lovelock yang terdiri dari 7P yakni; product, price, place, promotion, people, process, and physical evidence. Berdasarkan hasil rekapitulasi skor kuesioner strategi pemasaran produk amanah pada Pegadaian Syariah Cabang Subrantas termasuk dalam kategori kurang baik yaitu 21,64% karena berada pada rentang 059% Selanjutnya terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat dalam memasarkan produk amanah. Faktor pendukungnya adalah Pegadaian Syariah Cabang Subrantas memiliki citra dan kredibilitas yang baik, menggunakan prinsip-prinsip syariah, menawarkan tingkat margin yang cukup rendah dibanding lembaga keuangan lain dan juga memiliki lokasi yang strategis. Faktor penghambatnya adalah masih terbatasnya jumlah tenaga kerja khususnya tenaga pemasar dan analis, media promosi yang masih terbatas, kurangnya pemahaman masyarakat mengenai produk-produk pegadaian syariah dan banyaknya produk pesaing Selanjutnya tentang tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran produk amanah pada Pegadaian Syariah Cabang Subrantas adalah benar dan tidak bertentangan dengan ketentuan ekonomi Islam karena kegiatan operasional untuk produk amanah sesuai dengan fatwa DSN No. 92/ DSN-MUI/IV/2014 tentang pembiayaan yang disertai rahn dan juga sudah sesuai dengan UU No. 21 tahun 2008 tentang perbankan syariah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Rina Amelia - |
Date Deposited: | 09 Jul 2019 05:15 |
Last Modified: | 09 Jul 2019 05:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15502 |
Actions (login required)
View Item |