Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE VIA AKUN MEDIA SOSIAL (INSTAGRAM) PADA MAHASISWA FEKONSOS JURUSAN MANAJEMEN KONSENTRASI PEMASARAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

DINI HARIANTI (2018) TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE VIA AKUN MEDIA SOSIAL (INSTAGRAM) PADA MAHASISWA FEKONSOS JURUSAN MANAJEMEN KONSENTRASI PEMASARAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018152EI.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018152EI.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018152EI.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR_2018152EI.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018152EI.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018152EI.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018152EI.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018152EI.pdf

Download (669kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018152EI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018152EI.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018152EI.pdf

Download (391kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa jual beli online adalah segala kegiatan yang menyangkut kegiatan berbisnis (jual beli) dengan media internet untuk mencapai tujuannya, dimana pihak penjual dan pihak pembeli tidak harus bertemu langsung (face to face) untuk melakukan transaksi pembelian. Dari beberapa macam situs penjualan online pada saat ini yang sering digunakan atau sangat populer dikalangan mahasiswa/i yaitu akun media sosial Instagram. Adapun masalah yang ada dalam penelitian ini secara umum adalah terkait obyek transaksi yang diperjualbelikan terdapat ketidak cocokan gambar yang di upload dengan yang diterima dan ketidak cocokan dalam waktu pengiriman barang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam transaksi jual beli online via akun media sosial Instagram, selain itu untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan transaksi jual beli online via akun media sosial Instagram, serta untuk mengetahui prinsip jual beli online dalam perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Manajemen konsentrasi Pemasaran Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN SUSKA RIAU tahun 2014 yang berjumlah 172 orang. Dikarenakan kuantitas ini terlalu besar maka peneliti mengambil sampel sebanyak 50 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa transaksi jual beli online via akun media sosial Instagram terdapat dua jenis transaksi dengan status barang yang ready dan status barang yang pre-order (istishna’ dan salam). Saat melakukan transaksi pembelian antara penjual dan pembeli hanya melalui media sosial Line, WhatsApp dan Blackberry Massenger, sedangkan sistem pembayaran tergantung antara kesepakatan penjual dan pembeli, misalnya melakukan pembayaran dimuka dan sistem COD (Cash On Delivery). Selain itu sistem pengiriman barang terdapat tiga cara yaitu si penjual mengantarkan langsung kepada pembeli atau sebaliknya dengan cara menggunakan jasa ekspedisi. Disamping itu, masih terdapat kendala yang dihadapi oleh penjual dan pembeli berupa ketidak cocokan barang yang di upload di Instagram dengan yang diterima atau adanya keterlambatan pengiriman. Faktor pendukung dalam melakukan transaksi jual beli online via akun media sosial Instagram berdasarkan pencapaian yang sangat tinggi yaitu ketersediaan informasi dan kemenarikan desain website, sedangkan pencapaian yang tinggi terdiri dari kemudahan dalam melakukan transaksi dan motivasi. Sedangkan faktor penghambat dalam melakukan transaksi jual beli online via akun media sosial Instagram berdasarkan pencapaian yang tinggi yaitu kepercayaan, kenyamanan dan biaya yang sangat tinggi. Menurut pandangan Islam, langkah-langkah transaksi jual beli online via akun media sosial Instagram pada mahasiswa Fekonsos jurusan Manajemen konsentrasi Pemasaran sebagian besar sudah menjalankan transaksi jual beli online sesuai dengan prinsip Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 09 Jul 2019 03:14
Last Modified: 09 Jul 2019 03:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15456

Actions (login required)

View Item View Item