DITA LESTARI EVRIZA (2018) DESAIN DAN UJI COBA LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181107PK.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181107PK.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181107PK.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181107PK.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181107PK.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181107PK.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181107PK.pdf Download (701kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181107PK.pdf Download (729kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181107PK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181107PK.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181107PK.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta dilapangan yang nenunjukkan bahwa LKPD disekolah belum mampu mendukung keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan tingkat praktikalitas LKPD berbasis keterampilan proses sains pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Jenis penelitian ini menggunakan model four-D yang dilakukan hanya 3 tahap yaitu Define (pendefenisian), Design (perancangan) dan Development (Pengembangan). Subjek pada penelitian ini adalah ahli media pembelajaran dan ahli materi materi pembelajaran, 2 orang guru kimia dan 10 orang peserta didik kelas X SMAN 1 Singingi dan objek penelitian ini adalah LKPD berbasis keterampilan proses sains. Instrumen yang digunakan berupa angket uji validitas dan angket uji praktikalitas. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskripstif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa LKPD berbasis keterampilan proses sains sudah sangat valid dan praktis. Penilaian oleh para ahli yang terdiri dari ahli media dan ahli materi diperoleh persentase 96.91% dikategorikan sangat valid. Penilaian praktikalitas dari guru dan peserta didik memperoleh persentase berturut-turut 88,18% dan 88.92% dikategorikan sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis keterampilan proses sains yang didesain sudah layak diuji cobakan. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Keterampilan Proses Sains, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 Jul 2019 02:29 |
Last Modified: | 02 Jul 2019 02:29 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14580 |
Actions (login required)
View Item |