MAYSHINTA EKA PRATIWI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181086PK.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181086PK.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181086PK.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181086PK.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181086PK.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181086PK.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181086PK.pdf Download (731kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181086PK.pdf Download (675kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181086PK.pdf Restricted to Repository staff only Download (911kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181086PK.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181086PK.pdf Download (414kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan menggunakan metode resitasi terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi koloid. Latar belakang dari penelitian ini adalah karena rendahnya kemampuan kognitif siswa pada materi koloid. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan pretest dan posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2017/2018 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling maka diperoleh 2 kelas sampel yaitu XI IPA 2 (eksperimen 1) dan XI IPA 3 (eksperimen 2). Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes data awal yaitu uji homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan posttest, serta dokumentasi yang digunakan untuk memperkuat data yang diperoleh. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 87,64 sedangkan kelas kontrol adalah 76,80. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji tes “t”, maka diperoleh nilai thitung = 2,69 dan ttabel = 1,67 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung> ttabel, sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan menggunakan metode resitasi terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi koloid kelas XI IPA SMA Negeri 7 Pekanbaru, dengan koefisien pengaruh (KP) sebesar 9,6%. Kata Kunci: Numbered Heads Together, Metode Resitasi, Kemampuan Kognitif, Koloid
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 07:47 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 07:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14531 |
Actions (login required)
View Item |