SHARIEH NUR FATHONAH (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE PROBLEM POSING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 008 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181079PGMI.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181079PGMI.pdf Download (674kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181079PGMI.pdf Download (826kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181079PGMI.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181079PGMI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181079PGMI.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181079PGMI.pdf Download (606kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181079PGMI.pdf Download (437kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181079PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (883kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181079PGMI.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181079PGMI.pdf Download (260kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan metode problem posing kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 15 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Pulau Payung kecamatan Rumbio Jaya kabupaten Kampar. Selanjutnya objek penelitian ini adalah metode problem posing dan hasil belajarsiswa . Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebelum tindakan diperoleh hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 53,33% dengan kategori “Kurang Sekali” karena berada pada rentang ≤54%. Kemudian setelah dilakukan tindakan dengan penerapan metode problem posing pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat dengan ketuntasan klasikal 66,67% dengan kategori “Cukup” karena berada pada rentang 60-75%. Pada siklus II, hasil belajar siswa semakin meningkat dengan ketuntasan klasikal 80% dengan kategori “Baik”karena berada pada rentang 7685%. Artinya, sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa melalui penerapan metode problem posing pada mata pelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya kabupaten Kampar. Kata Kunci: Metode Problem Posing, Hasil Belajar, Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 07:01 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 07:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14513 |
Actions (login required)
View Item |