Zulkifli Ariadi (2018) Pengembangan Budaya Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa di Madrasah Aliyah Negeri SeKota Pekanbaru. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201830TPAI_COVER.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
2. 201830TPAI_PENGESAHAN.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201830TPAI_KATA PENGANTAR.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201830TPAI_DAFTAR ISI.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201830TPAI_ABSTRAK.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201830TPAI_BAB I.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201830TPAI_BAB II.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
Text
8. 201830TPAI_BAB III.pdf Download (404kB) | Preview |
|
Text
9. 201830TPAI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) |
||
|
Text
10. 201830TPAI_BAB V.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201830TPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (339kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan budaya sekolah dalam meningkatkan karakter disiplin siswa di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kota Pekanbaru. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek adalah kepala madrasah dan Wakil Kepala, sedangkan siswa menjadi informan tambahan untuk menggali data tentang pengembangan budaya sekolah. Sementara Obyek dalam penelitian ini adalah pengembangan budaya sekolah. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan wawancara. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas yang terkait dengan pengembangan budaya sekolah dalam meningkatkan karakter disiplin siswa dan wawancara diajukan kepada kepala madrasah dan wakil kepala madrasah beserta siswa sebagai informan tambahan. Data yang terkumpul melalui wawancara dianalisis dengan teknik metode deskriptif kualitatif, kemudian disajikan dalam bentuk tabel yang dilengkapi dengan penjelasan dan memberikan interpretasi yang tepat. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Madrasah Aliyah Negeri se kota pekanbaru memiliki bermacam- macam budaya seperti budaya fisik dan budaya perilaku. Budaya fisik dapat dilihat dari tampilan fisik Madrasah Aliyah Negeri SeKota Pekanbaru. Sedangkan budaya perilaku dapat dilihat dari budaya religius, budaya kedisiplinan dan pelaksanaan tata tertib, budaya berprestasi dan berkompetisi, budaya gemar membaca dan budaya bersih. Pengembangan budaya sekolah dalam meningkatkan karakter disiplin siswa di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kota Pekanbaru dikatakan baik, hal ini diketahui dari hasil observasi dilapangan dan wawancara dengan para informan Selanjutnya berdasarkan hasil wawancara dengan kepala madrasah, wakil kepala madrasah dan siswa yang menjadi informan tambahan, mengatakan faktor yang mempengaruhi Pengembangan Budaya Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kota Pekanbaru meliputi: visi misi madrasah, hubungan warga madrasah, kurikulum, pembelajaran, kepemimpinan dan guru. Kata Kunci: Budaya Sekolah dan Karakter Disiplin
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.01 Filsafat dan Teori tentang Agama Islam |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 27 Jun 2019 07:51 |
Last Modified: | 27 Jun 2019 07:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14428 |
Actions (login required)
View Item |