NAFISAH (2018) ANALISIS HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181020 PK.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181020 PK.pdf Download (518kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181020 PK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181020 PK.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181020 PK.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181020 PK.pdf Download (720kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181020 PK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181020 PK.pdf Download (682kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181020 PK.pdf Restricted to Repository staff only Download (702kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181020 PK.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181020 PK.pdf Download (416kB) | Preview |
Abstract
Pemahaman tentang gaya belajar memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran, sehingga perlu diteliti untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan kemampuan kognitif siswa SMA IT Al Fityah Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan mixed method design. Pengumpulan data menggunakan metode kuantitatif melalui angket gaya belajar dan tes kemampuan kognitif, sedangkan prosedur pengumpulan data secara kualitatif melalui observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA IT Al Fityah Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah analisis hubungan gaya belajar dengan kemampuan kognitif siswa pada materi laju reaksi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Andalusia yang berjumlah 29 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh (sampel populasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 65,51% siswa dengan gaya belajar visual, 20,70% siswa dengan gaya belajar auditorial, dan 13,79% siswa dengan gaya belajar kinestetik. Analisis hubungan gaya belajar dengan kemampuan kognitif siswa yang diuji dengan menggunakan korelasi product moment memperoleh rxy = 0,810 rtabel = 0,367 dengan nilai thitung > nilai ttabel atau 7,1771 > 1,7033, yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara variabel gaya belajar dengan kemampuan kognitif siswa. Artinya, proses pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa akan meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Kata Kunci: Gaya Belajar, Kemampuan Kognitif Siswa, Materi Laju Reaksi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 24 Jun 2019 00:58 |
Last Modified: | 24 Jun 2019 00:58 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14227 |
Actions (login required)
View Item |