Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PLANTED QUESTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 029 KELURAHAN KOTO TIBUN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

RISKA JUNIATI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PLANTED QUESTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 029 KELURAHAN KOTO TIBUN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20181019PGMI.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20181019PGMI.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20181019PGMI.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20181019PGMI.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20181019PGMI.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20181019PGMI.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20181019PGMI.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20181019PGMI.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20181019PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20181019PGMI.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181019PGMI.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui model pembelajaran planted question di kelas V Sekolah Dasar Negeri 029 Padang Mutung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa diantaranya, siswa kurang menyimak materi pembelajaran, sedikit siswa ketika mengeluarkan pendapat. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru dan 29 siswa di kelas VA. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa model pembelajaran planted question dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya mencapai 39,22% dengan kategori “Sangat Rendah”. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran planted question pada siklus I yaitu 68,75% sedangkan persiswa telah mencapai 99% pada kategori “Cukup Tinggi”. Pada siklus II yaitu 91,81% sedangkan persiswa telah mencapai 100% dengan kategori “Tinggi”. Dengan demikian bahwa model pembelajaran planted question dapat meningkatkan aktivitas belajar khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kata kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan Sosial, Model Planted Question

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 24 Jun 2019 00:56
Last Modified: 24 Jun 2019 00:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14226

Actions (login required)

View Item View Item