RISKA JUNIATI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PLANTED QUESTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 029 KELURAHAN KOTO TIBUN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181019PGMI.pdf Download (587kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181019PGMI.pdf Download (639kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181019PGMI.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181019PGMI.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181019PGMI.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181019PGMI.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181019PGMI.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181019PGMI.pdf Download (448kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181019PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181019PGMI.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181019PGMI.pdf Download (389kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui model pembelajaran planted question di kelas V Sekolah Dasar Negeri 029 Padang Mutung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa diantaranya, siswa kurang menyimak materi pembelajaran, sedikit siswa ketika mengeluarkan pendapat. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru dan 29 siswa di kelas VA. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa model pembelajaran planted question dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya mencapai 39,22% dengan kategori “Sangat Rendah”. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran planted question pada siklus I yaitu 68,75% sedangkan persiswa telah mencapai 99% pada kategori “Cukup Tinggi”. Pada siklus II yaitu 91,81% sedangkan persiswa telah mencapai 100% dengan kategori “Tinggi”. Dengan demikian bahwa model pembelajaran planted question dapat meningkatkan aktivitas belajar khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kata kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan Sosial, Model Planted Question
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 24 Jun 2019 00:56 |
Last Modified: | 24 Jun 2019 00:56 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14226 |
Actions (login required)
View Item |