RAHMA YUNITA (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIS SISWA SMP/MTs DI KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018984PMT.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018984PMT.pdf Download (601kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018984PMT.pdf Download (677kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018984PMT.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018984PMT.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018984PMT.pdf Download (597kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018984PMT.pdf Download (679kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018984PMT.pdf Download (760kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018984PMT.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018984PMT.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018984PMT.pdf Download (468kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan komponen kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran. Salah satu upaya untuk menyikapi masalah kemampuan komunikasi matematis adalah melalui pemilihan pendekatan pembelajaran. Pendekatan Open-Ended adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang menyajikan permasalahan dengan pemecahan berbagai cara (flexibility) dan solusinya juga bisa beragam (multijawab, fluency). Akibat dari masalah terbuka tersebut akan mendorong tumbuhnya komunikasi siswa atas masalah yang diajukan. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan open-ended dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional serta untuk mengetahui ada tidaknya interaksi faktor pendekatan pembelajaran dan faktor pengetahuan awal matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Kampar. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan rumus Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus uji- (test-t) untuk mengetahui hasil penelitian dan anova dua arah untuk melihat interaksi. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan open-ended dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) Tidak terdapat interaksi faktor pendekatan pembelajaran dan faktor pengetahuan awal matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: Pendekatan Open-Ended, Kemampuan Komunikasi Matematis, Pengetahuan Awal
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 06:34 |
Last Modified: | 21 Jun 2019 06:34 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14157 |
Actions (login required)
View Item |