MUHAMMAD FADILLAH (2018) PENERAPAN STRATEGI SIAP SEDIA TEMBAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AZIZIYAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018937PGMI.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018937PGMI.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018937PGMI.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018937PGMI.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018937PGMI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018937PGMI.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018937PGMI.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018937PGMI.pdf Download (471kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018937PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (997kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018937PGMI.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018937PGMI.pdf Download (335kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Pekanbaru melalui penerapan strategi Siap Sedia Tembak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa, diantaranya siswa yang tidak senang mencari dan memecahkan soal-soal, kurang senang dan kurang rajin belajar, kurang semangat dan tidak berpendapat atau tidak mempertahankan pendapat-pendapatnya, dan kurang aktif, tidak menunjukkan semangat terhadap macam-macam masalah atau soal, dan hanya menunggu jawaban teman. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Siap Sedia Tembak dan motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan Strategi siap sedia tembak dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat diketahui pada sebelum tindakan motivasi belajar siswa rata-rata sebesar 54% setelah dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh persentase sebesar 67%. Pada siklus II meningkat menjadi 81%.Dengan demikian penerapan Strategi Siap Sedia Tembak dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyah Pekanbaru. Kata kunci:Strategi Siap Sedia Tembak, MotivasiBelajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 19 Jun 2019 06:35 |
Last Modified: | 19 Jun 2019 06:35 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14006 |
Actions (login required)
View Item |