HASMIDAR (2018) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERMAIN SOSIODRAMA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL DEWI ANGGREK PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018922PIAUD.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018922PIAUD.pdf Download (475kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018922PIAUD.pdf Download (582kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018922PIAUD.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018922PIAUD.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018922PIAUD.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018922PIAUD.pdf Download (672kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018922PIAUD.pdf Download (454kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018922PIAUD.pdf Restricted to Registered users only Download (862kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018922PIAUD.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018922PIAUD.pdf Download (381kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan terhadap perkembangan kognitif anak yang belum berkembang dengan optimal sehingga perlu dilakukan dengan penggunaan metode bermain sosiodrama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bermain sosiodrama terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di Raudhatul Athfal Dewi Anggrek. Subjek penelitian ini adalah siswa di Raudhatul Athfal Dewi Anggrek Pekanbaru dengan objeknya pengaruh penggunaan metode bermain sosiodrama terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B. Populasi penelitian ini berjumlah 20 orang anak, sedangkan sampel penelitian ini adalah anak kelompok B yang terdiri dari dua kelas yaitu B1 berjumlah 10 orang anak sebagai kelas kontrol dan B2 berjumlah 10 orang anak sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yang artinya adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS Windows ver.17. Hipotesis penelitian adalah ada pengaruh yang signifikan antara penerapan metode bermain sosiodrama terhadap perkembangan kognitif anak. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data pada perbandingan pretest dan posttest kelas eksperimen yang diperoleh thitung = 59,105 dan Sig. (2-tailed) = 0.000. Karena Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan metode bermain sosiodrama dalam pembelajaran. Jadi artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti dalam penelitian ini terdapat pengaruh penggunaan metode bermain sosiodrama sebelum dan sesudah terhadap perkembangan kognitif anak yang berada pada kelas eksperimen. Pengaruh penggunaan metode bermain sosiodrama terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di Raudhatul Athfal Dewi Anggrek Pekanbaru sebesar 89,59%. Kata Kunci: Perkembangan Kognitif, Bermain Sosiodrama
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 19 Jun 2019 05:53 |
Last Modified: | 19 Jun 2019 05:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13980 |
Actions (login required)
View Item |