Ikhwan Haikal (2018) KARAKTERISTIK PSIKOMETRI TES KEMAMPUAN DIFERENSIAL (TKD) V ARITMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_201890PSI.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_201890PSI.pdf Download (875kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_201890PSI.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_201890PSI.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_201890PSI.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_201890PSI.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_201890PSI.pdf Download (494kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_201890PSI.pdf Download (568kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_201890PSI.pdf Restricted to Registered users only Download (803kB) |
||
|
Text
10. BAB V_201890PSI.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201890PSI.pdf Download (344kB) | Preview |
Abstract
Tes Kemampuan Diferensial (TKD) V Aritmatika merupakan salah satu tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan numerik seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali karakteristik psikometri dari TKD V Aritmatika. Untuk menguji karakteristik psikometri TKD V Aritmatika, peneliti menggunakan dua pendekatan yakni pendekatan item response theory dan classical test theory. Peneliti menggunakan responden penelitian sebanyak 227 mahasiswa tahun pertama (2017/2018). Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis unidimensi, validitas konkuren, reliabilitas, item fir order, parameter kesukaran, dan uji daya beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) TKD V Aritmatika bersifat unidimensi (raw variance = 53.9%) yang termasuk dalam kategori bagus (raw variance > 40%); (2) Hasil TKD V Aritmatika tidak dapat memprediksi nilai akhir mata kuliah yang berkaitan dengan matematika (sig = 0.599, sig > 0.05), namun pada sampel jurusan D3 Akutansi dan Pendidikan Matematika, hasil TKD V Aritmatika mampu memprediksi nilai akhir pada mata kuliah yang berkaitan dengan matematika pada sampel mahasiswa D3 Akutansi sebesar 10.1% dan pada sampel mahasiswa Pendidikan Matematika sebesar 20.7%; (3) Koefisien reliabilitas dengan pendekatan item response theory terbagi menjadi tiga yakni person (α = 0.60) termasuk dalam kategori lemah, item (α = 0.98) termasuk dalam kategori istimewa, dan test (α = 0.62) termasuk dalam kategori cukup. (4) Koefisien reliabilitas dengan pendekatan classical test theory (α = 0.678) termasuk dalam kategori cukup. (5) Terdapat 1 Aitem yang tidak memenuhi ketiga kriteria item fit order menggunakan pendekatan item response theory. (6) Aitem yang tidak sesuai dengan urutan parameter kesukaran aitem ialah aitem nomor 4 dan 2 menggunakan pendekatan item response theory; (7) Aitem yang tidak memuhi kriteria uji daya beda aitem sebanyak 11 aitem menggunakan pendekatan classical test theory. Kata kunci: TKD V Aritmatika, Item Response Theory, Classical Test Theory
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mr. Muhammad Arif |
Date Deposited: | 12 Jun 2019 03:17 |
Last Modified: | 12 Jun 2019 03:17 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13699 |
Actions (login required)
View Item |