Iin Parlina (2018) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN PENERIMAAN DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK PENYANDANG DISABILITAS DI PEKANABARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_201883PSI.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_201883PSI.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_201883PSI.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_201883PSI.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_201883PSI.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_201883PSI.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_201883PSI.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_201883PSI.pdf Download (271kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_201883PSI.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
||
|
Text
10. BAB V_201883PSI.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201883PSI.pdf Download (135kB) | Preview |
Abstract
Motivasi belajar merupakan penggerak dalam diri individu untuk menimbulkan perubahan tingkah laku dalam belajar. Sehingga, motivasi belajar menjadi sangat penting untuk meningatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara dukungan sosial dan penerimaan diri dengan motivasi belajar pada anak penyandang disabilitas di Pekanbaru. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan antara dukungan sosial dan penerimaan diri dengan motivasi belajar pada anak penyandang disabilitas di Pekanbaru. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 anak gangguan tunagrahita. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Sampling Purposive. Pengumpulan data penelitian menggunakan skala dukungan sosial, skala penerimaan diri dan skala motivasi belajar, dan dianalisis menggunakan teknik analisis multiple regresi (regresi ganda). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar pada anak penyandang disabilitas di Pekanbaru dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 17,4%, p= 0,000 (p ≤ 0,01). Koefisien korelasi antara penerimaan diri dengan motivasi belajar dengan nilai (r) sebesar 22,9%, p= 0,000 (p ≤ 0,01), dan koefisien korelasi antara dukungan sosial dan penerimaan diri dengan motivasi belajar dengan nilai (r) sebesar 23,9%, p= 0,000 (p ≤ 0,01). Kata Kunci: dukungan sosial, penerimaan diri, motivasi belajar, anak disabilitas
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mr. Muhammad Arif |
Date Deposited: | 11 Jun 2019 08:40 |
Last Modified: | 11 Jun 2019 08:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13686 |
Actions (login required)
View Item |