RUHIL ROSYADA (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DENGAN METODE MEMBACA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN “MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH BANGKINANG”. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018794PBA.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018794PBA.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018794PBA.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018794PBA.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018794PBA.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018794PBA.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018794PBA.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018794PBA.pdf Download (419kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018794PBA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018794PBA.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018794PBA.pdf Download (304kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media komik dengan metode membaca untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam bahasa Arab, dengan melihat ada tidaknya perbedaan kemampuan membaca bahasa Arab siswa kelas eksperimen dan kontrol. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan Media Komik dengan metode membaca Efektif Untuk Meningkatkan Kemapuan Membaca Siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang? Subjek penelitian adalah para siswa kelas VIII B dan VIII D Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang, sedangkan objeknya adalah efektifitas Penggunaan Media Komik dengan metode membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs. Pondok Pesantren Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang Tahun Ajaran ٢٠١٧/٢٠١٨ dan sampelnya adalah siswa kelas ٢B dan ٢D. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan kemampuan membaca bahasa Arab antara kelas yang menggunakan media komik dengan yang tanpa menggunakan media komik. Dari hasil observasi diperoleh persentase ٩٧,٦٪ dengan kategori “sangatbaik” karena terletak pada interval ٧٦٪-١٠٠٪. Hasil t-test diperoleh nilai To = ٧.٢٦ lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi ١٪ = ٢.٣٩ dan taraf signifikansi ٥٪ = ١.٦٣. Ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain penggunaan media komik dengan metode membaca efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa MTs. Pondok Pesantren Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang. Kata Kunci: Efektifitas, Media komik, Kemampuan Membaca
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 29 May 2019 07:45 |
Last Modified: | 29 May 2019 07:45 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13566 |
Actions (login required)
View Item |