YOSI AGUSTIN (2018) PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AZIZIYYAHPEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018739PGMI.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018739PGMI.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018739PGMI.pdf Download (519kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018739PGMI.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018739PGMI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018739PGMI.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018739PGMI.pdf Download (717kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018739PGMI.pdf Download (730kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018739PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (734kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018739PGMI.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018739PGMI.pdf Download (338kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara pendekatan Open-Ended Learningdengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas V SD-IT Aziziyyah Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi atas rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dikarenakan banyak siswa yang belum mampu menyelesaikan soal pemecahan masalah.Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD-IT Aziziyyah Pekanbaru. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik Sampling Jenuh. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian menggunakan rumus uji “t” untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan Open-Ended Learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Dari hasil analisis data, disimpulkan bahwa nilai thitung sebesar 3,315 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,00 maka thitung ≥ ttabel, ini berarti bahwa ha diterima dan h0 ditolak.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pendekatan Open-Ended Learning dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Pendekatan Open-Ended Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 May 2019 07:10 |
Last Modified: | 28 May 2019 07:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13435 |
Actions (login required)
View Item |