ANITA PILIANG (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018726PMT.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018726PMT.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018726PMT.pdf Download (524kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018726PMT.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018726PMT.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018726PMT.pdf Download (666kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018726PMT.pdf Download (735kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018726PMT.pdf Download (860kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018726PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018726PMT.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018726PMT.pdf Download (467kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemandirian belajar siswa SMP Negeri 36 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 36 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t, korelasi (Product Moment), dan annova dua arah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung, (2) Tidak terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, (3) Kemandirian belajar matematis berkontribusi terhadap kemampuan pemahaman konsep, (4) Tidak terdapat interaksi antara Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dan kemandirian belajar siswa dalam mempengaruhi siswa dalam mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemandirian Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 27 May 2019 03:52 |
Last Modified: | 27 May 2019 03:52 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13412 |
Actions (login required)
View Item |