RINI ALMA JUITA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ BERBANTU MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 AL-FAJAR KECAMATAN RUMBAI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018662PGMI.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018662PGMI.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018662PGMI.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018662PGMI.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018662PGMI.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018662PGMI.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018662PGMI.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018662PGMI.pdf Download (450kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018662PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018662PGMI.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018662PGMI.pdf Download (461kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Al-Fajar Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru melalui model pembelajaran team quiz berbantu media gambar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Selanjutnya objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran team quiz berbantu media gambar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisa data penelitian ini yakni dengan menggunakan teknik analisa deskriptif dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada sebelum tindakan yaitu 67 dengan kategori “Kurang Baik” karena berada pada rentang 65-70. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran team quiz berbantu media gambar pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat menjadi 73 dengan kategori “Cukup Baik” karena berada pada rentang 71-84. Pada siklus II, hasil belajar siswa semakin meningkat menjadi 80 dengan kategori “Cukup Baik” karena berada pada rentang 71-84. Artinya, sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran team quiz berbantu media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Al-Fajar Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Kata Kunci: Team Quiz, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 23 May 2019 04:06 |
Last Modified: | 23 May 2019 04:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13303 |
Actions (login required)
View Item |