DESMA SHOLIHAT (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH IV PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018645PGMI.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018645PGMI.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018645PGMI.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018645PGMI.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018645PGMI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018645PGMI.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018645PGMI.pdf Download (731kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018645PGMI.pdf Download (734kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018645PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (844kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018645PGMI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018645PGMI.pdf Download (412kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat validitas dan tingkat praktikalitas lembar kerja siswa berbasis guided discovery dan mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah, lembar kerja siswa yang kurang menarik serta siswa yang masih kesulitan menjawab soal-soal yang berbeda dengan contoh soal yang diberikan guru. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Reseach and Development) dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, Dessiminate). Subjek penelitian adalah 23 siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah IV Pekanbaru kelas V tahun ajaran 2017/2018 dan objek penelitian ini adalah lembar kerja siswa berbasis guided discovery. Data yang diambil dari pengembangan lembar kerja siswa berbasis guided discovery adalah data primer, yaitu teknik pengumpulan data yang diperoleh langsung dari wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa instrument uji validitas, instrumen uji praktikalitas dan istrumen soal pretest dan postest kemampuan pemahaman konsep matematis. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, disimpulkan bahwa tingkat validasi lembar kerja siswa ini valid dengan persentase 85,28% dan sudah layak diujicobakan. Setelah diuji coba tingkat praktikalitasnya dikategorikan sangat praktis dengan persentase 90,78%. Kemudian hasil analisis tingkat pemahaman konsep siswa secara umum dikategorikan tinggi dengan persentase 80,16% artinya siswa telah mampu memahami konsep secara keseluruhan. Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, Guided Discovery, Kemampuan Pemahaman Konsep.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 22 May 2019 07:44 |
Last Modified: | 22 May 2019 07:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13260 |
Actions (login required)
View Item |