MUHAMMAD IHSAN (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 26 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018626PMT.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018626PMT.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018626PMT.pdf Download (675kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018626PMT.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018626PMT.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018626PMT.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018626PMT.pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018626PMT.pdf Download (605kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018626PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018626PMT.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018626PMT.pdf Download (302kB) | Preview |
Abstract
Penelitian yang dilakukan ini didasarkan kepada permasalahan rendahnya kemampuan representasi matematis siswa dan kurangnya metode yang dilakukan pada pembelajaran yang ada. Usaha yang dilakukan peneliti dalam hal ini adalah menerapkan pembelajaran pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) diharapkan bisa meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan RME dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika berdasarkan kemampuan awal matematika siswa SMP Negeri 26 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 26 Pekanbaru. Sampel pada penelitian ini adalah VII.3 sebagai kelas kontrol dan VII.5 sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data berupa observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunkan peneliti yaitu uji-t, korelasi (Product Moment), dan anova dua arah (two Factorial design). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan RME dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. (2) Terdapat kontribusi yang diberikan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas eksperimen. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan pendekatan RME terhadap kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa. Dengan demikian secara umum pendekatan RME berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis berdasarkan kemampuan awal matematika siswa SMP Negeri 26 Pekanbaru. Kata kunci: Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education), Kemampuan Representasi Matematis, Kemampuan Awal Matematika, Quasi Eksperimen
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 22 May 2019 01:52 |
Last Modified: | 22 May 2019 01:52 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13239 |
Actions (login required)
View Item |