NOFRIZAL ANOM (2018) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN HASANAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018578PAI.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018578PAI.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018578PAI.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018578PAI.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018578PAI.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018578PAI.pdf Download (623kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018578PAI.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018578PAI.pdf Download (452kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018578PAI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018578PAI.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR KEPUSTAKAAN_2018578PAI.pdf Download (337kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh pemikiran bahwa persepsi siswa tentang kompetensi paedagogik guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi paedagogik guru terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejurusan Hasanah Pekanbaru. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas XI sedangkan objek penelitiannya adalah persepsi siswa tentang kompetensi guru dan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 242 orang, dalam penelitian ini penulis mengadakan penarikan sampel sebesar 15% dengan jumlah 36 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan angket yang disusun berdasarkan skala Likert. Setiap item pernytaaan telah disediakan 4 buah alternatif jawaban dengan bobotnya masing-masing. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu dianalisis secara korelasi dengan teknik korelasi product moment dan dilanjutkan dengan analisis koefisien diterminasi. Berdasarkan penyajian dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang kompetensi paedagogik guru tergolong sangat positif, motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong sangat tinggi dan ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang kompetensi paedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMK Hasanah Pekanbaru. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi besarnya koefesien korelasi antara persepsi siswa tentang kompetensi guru PAI dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Hasanah Pekanbaru adalah sebesar 0.453 dengan probabilitas 0,006. Besarnya pengaruh variabel persepsi siswa tentang kompetensi paedagogik guru PAI terhadap variabel motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebesar 20,52%, sedangkan selebihnya yakni 79, 48% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Persepsi, Kompetensi Paedagogik, Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 07 May 2019 02:42 |
Last Modified: | 07 May 2019 02:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13115 |
Actions (login required)
View Item |