ABRIANTO RAMANA PUTRA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018566PGMI.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018566PGMI.pdf Download (617kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018566PGMI.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018566PGMI.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018566PGMI.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018566PGMI.pdf Download (624kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018566PGMI.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018566PGMI.pdf Download (558kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018566PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (841kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018566PGMI.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018566PGMI.pdf Download (396kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 28 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dengan tahapan, yaitu: perencanaan, implementasi tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, yaitu dimulai dari menghimpun data, menyusun atau mengatur data, mengolah data, menyajikan data dan menganalisis data angka guna memberikan gambaran tentang suatu gejala. Berdasarkan Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini diketahui karena sebelum tindakan persentase ketuntasan siswa hanya 42,85% dengan rata-rata 67,85. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I, persentase ketuntasan siswa mengalami peningkatan yaitu 64,29% dengan ratarata 74,29. Pada siklus II persentase ketuntasan siswa kembali mengalami peningkatan yaitu 89,29% dengan rata-rata 81,43. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Kata Kunci: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Model Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 06 May 2019 07:03 |
Last Modified: | 06 May 2019 07:03 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13099 |
Actions (login required)
View Item |