SUHARNIA DESRI (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018457PMT.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018457PMT.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018457PMT.pdf Download (564kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018457PMT.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018457PMT.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018457PMT.pdf Download (601kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018457PMT.pdf Download (770kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018457PMT.pdf Download (883kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018457PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018457PMT.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018457PMT.pdf Download (418kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah termasuk salah satu kemampuan Matematika tingkat tinggi. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dapat diatasi melalui pemilihan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Model PBI ini diawali dengan penyajian suatu masalah yang autentik dan bermakna. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa lembar kerja siswa (LKS) dalam pembelajaran matematika yang valid, praktis,dan Efektif, dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis dan terintegrasi nilai keislaman pada materi Aritmatika Sosial. Metode Penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di MTs Madinatun Najah Rengat 2017/2018. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa MTs Madinatun Najah Rengat. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII sebagai kelas kontrol serta kelas VII AC sebagai kelas eksperimen. Objek penelitian adalah LKS terintegrasi nilai-nilai keislaman dengan model PBI. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (92,35%) dan sangat praktis (untuk kelompok kecil dan untuk kelompok besar). Sedangkan nilai sebesar dan nilai pada taraf signifikan sebesar maka atau , sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Pengembangan LKS terintegrasi nilai-nilai keislaman dengan model PBI dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. LKS ini dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Model Problem Based Instruction, Integrasi Nilai-nilai Keislaman, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Siswa Madrasah Tsanawiyah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Apr 2019 03:13 |
Last Modified: | 26 Apr 2019 03:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12890 |
Actions (login required)
View Item |