Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH IV PEKANBARU KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU

PUTRI JULIANA (2018) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH IV PEKANBARU KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018416PGMI.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018416PGMI.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018416PGMI.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018416PGMI.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018416PGMI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018416PGMI.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018416PGMI.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018416PGMI.pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018416PGMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018416PGMI.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018416PGMI.pdf

Download (407kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Muhammadiyah IV Pekanbaru Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam mengubah soal cerita ke model matematika dengan benar sehingga mengalami kesalahan dalam menerapkan rumus. Penelitian ini adalah Penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Muhammadiyah IV Pekanbaru. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas Va dan Vb.Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sampling Jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes tertulis (Pretest dan Posttest) kemampuan komunikasi matematik. Dalam penelitian ini juga digunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk membantu siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan RME.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisa data yang digunakan uji tes “t”, dengan melalui uji prasyarat menggunakan uji Chi Kuadrat( )untuk menguji normalitas data dan uji varian untuk melihat homogenitas. Berdasarkan Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai >, atau 4,912 > 2,08 dari hasil pengolahan data diperoleh nilai sebesar 4,912 dan nilai pada taraf signifikan 5% sebesar 2,08 sehingga diterima ditolak, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan RME pada pembelajaran matematika di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci: Pendekatan RME, Kemampuan Komunikasi Matematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 24 Apr 2019 04:30
Last Modified: 24 Apr 2019 04:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12847

Actions (login required)

View Item View Item