DEFNI DEFITA (2018) PENERAPAN STRATEGI PARODI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS VI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AZIZIYYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018364PGMI.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018364PGMI.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018364PGMI.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018364PGMI.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR-ISI_2018364PGMI.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018364PGMI.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018364PGMI.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018364PGMI.pdf Download (554kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018364PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018364PGMI.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018364PGMI.pdf Download (319kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan strategi Parodi di kelas VI Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 82. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objeknya adalah penerapan strategi Parodi dan peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, teknik pengumpulan data dengan menggunakan Teknik Observasi, wawancara, Dokumentasi, dan Tes. Teknik Analisis Data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, menunjukkan bahwa penerapan strategi Parodi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum tindakan diperoleh nilai rata-rata 55%, berada pada rentang < 65% dengan kategori Kurang. Sedangkan setelah dilakukan tindakan pada siklus I, hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 70% berada pada interval 65%−70% dengan kategori Cukup. Dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 85% berada pada interval 85%−100% dengan kategori Amat Baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Strategi Parodi dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kata Kunci: Strategi, Parodi, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 23 Apr 2019 04:17 |
Last Modified: | 23 Apr 2019 04:17 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12792 |
Actions (login required)
View Item |