Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH IV PEKANBARU

DEWI PRASTIAWATI (2018) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH IV PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar Muhammadiyah IV Pekanbaru. Hal ini dilatar belakangi oleh siswa kurang tepat waktu hadir dikelas, masih terdapat siswa yang malas mengerjakan tugas yang diberikan guru, siswa kurang melengkapi alat-alat belajar serta prestasi belajar siswa yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan pada sekolah yakni 70. Penelitian ini adalah penelitian korelasi yaitu untuk mengetahui tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah IV Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 216 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 35% dari 216 siswa yaitu 76 siswa dari kelas VA, VB dan VI.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa persentase jawaban responden angket disiplin belajar diperoleh 96,64% termasuk kategori sangat baik yaitu pada rentang 81% - 100%. Sedangkan untuk rata-rata prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam diperoleh 71,05% termasuk kategori baik karena berada pada rentang 71% - 85%. Dalam hal ini secara sederhana dapat diberikan interpretasi terhadap rxy = 0,286 terletak antara 0,200 – 0,400 yang berarti korelasinya rendah atau lemah. Sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak. Jadi hasil analisis korelasi menunjukan ada hubungan positif antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar Muhammadiyah IV Pekanbaru. Kata Kunci: Disiplin Belajar, Prestasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.3 ??
Divisions: ?? tk_mi ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2019 07:47
Last Modified: 08 Apr 2019 07:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12710

Actions (login required)

View Item View Item