IIN GUSMANA (2018) PENGGUNAAN MEDIA CORONG BERHITUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU KECAMATAN TAMPAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018240PGMI.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018240PGMI.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstrak_2018240PGMI.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
4. Penghargaan_2018240PGMI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018240PGMI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018240PGMI.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018240PGMI.pdf Download (996kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018240PGMI.pdf Download (425kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018240PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (895kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018240PGMI.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018240PGMI.pdf Download (284kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan media corong berhitung pada mata pelajaran matematika kelas II Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru Kecamatan Tampan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subjek adalah guru dan siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru Kecamatan Tampan sedangkan objeknya adalah penggunaan media corong berhitung pada mata pelajaran matematika. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dengan tahapan, yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, yaitu dimulai dari menghimpun data, menyusun atau mengatur data, mengolah data, menyajikan data dan menganalisis data angka guna memberikan gambaran tentang suatu gejala, peristiwa atau keadaan. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media corong berhitung dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum tindakan diperoleh rata-rata 55.56%, berada pada interval kurang dari 60% dengan kategori sangat kurang. Sedangkan setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan penggunaan media corong berhitung pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat 75% mencapai KKM berada pada interval 70%-79% dengan kategori kurang. Dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat 100% mencapai KKM berada pada interval 90%-100% dengan sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media corong berhitung dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru Kecamatan Tampan. Kata Kunci: Media, Corong Berhitung, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 Apr 2019 04:36 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 04:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12518 |
Actions (login required)
View Item |