FAJAR ASWATI (2018) PENERAPAN STRATEGI PERMAINAN MANUSIA BALON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 08 BANTAN TENGAH KECAMATAN BANTAN KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018230PGMI.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018230PGMI.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018230PGMI.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018230PGMI.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018230PGMI.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018230PGMI.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018230PGMI.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018230PGMI.pdf Download (637kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018230PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (818kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018230PGMI.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018230PGMI.pdf Download (462kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan strategi permainan manusia balon di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 08 Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi permainan Manusia Balon dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan Presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data bahwa penerapan strategi permainan manusia balon dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 58,46 dengan ketuntasan klasikal 38,46% atau tergolong “kurang”. Setelah menerapkan strategi permainan Manusia Balon pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan ratarata 72,30 dengan ketuntasan klasikal 61,53% atau tergolong “kurang”. Pada siklus II hasil belajar siswa semakin meningkat dengan rata-rata 91,53 dengan ketuntasan klasikal 92,30% atau tergolong “sangat sempurna”. Dengan demikian strategi permainan manusia balon sudah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 Apr 2019 03:51 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 03:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12508 |
Actions (login required)
View Item |