Mahfud Habibuddin (2014) SISTEM PELAYANAN PADA PELANGGAN RESTAURANT BATAGOR IHSAN CABANG SUKAJADI DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (95kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Sistem Pelayanan Pada Pelanggan Restaurant Batagor Ihsan Cabang Sukajadi Ditinjau Menurut Ekonomi Islam. Restaurant Batagor Ihsan merupakan restoran waralaba yang berasal dari Bandung yang telah membuka cabang di Padang, Palembang dan Pekanbaru. Tujuan dari setiap pendirian perusahaan adalah untuk mencari keuntungan yang semaksimal mungkin. Dalam suatu perusahaan pelanggan atau konsumen merupakan suatu bagian yang terpenting. karena itu wajib bagi karyawan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen maupun pelanggan. Pelayanan merupakan kunci utama tercapainya target suatu perusahaan karena dengan pelayanan yang baik dan menyenangkan, akan memberi kenyamanan tersendiri bagi konsumen ataupun pelanggannya. Latar belakang penulis mengambil judul ini karena ingin mengetahui bagaimana sistem pelayanan pada pelanggan restaurant Batagor Ihsan cabang Sukajadi. Dan bagaimana tinjauan Ekonomi Islam terhadap Sistem Palayanan Pada Pelanggan Restaurant Batagor Ihsan Cabang Sukajadi. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini berlokasi di restaurant Batagor Ihsan yang beralamat di Jl. Pepaya No. 40, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru. Dalam penulisan ini yang menjadi populasi adalah pimpinan, manajer, dan karyawan atau pramusaji Batagor Ihsan serta pelanggan. Untuk pengambilan sampel pada populasi pimpinan, manajer, dan karyawan atau pramusaji menggunakan metode purposive sampling. Sedangkan populasi pelanggan tidak diketahui berapa pasti jumlahnya atau tidak tetap, maka penulis mengambil sampel dari populasi pelanggan menggunakan metode accidental sampling. Dengan demikian, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah pimpinan, 6 orang karyawan dan 40 orang pelanggan.. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang langsung diperoleh dari responden melalui angket dan wawancara, dan data skunder yaitu data yang diperoleh dari tulisan atau buku-buku. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisa data deskriptif Kualitatif. Penerapan sistem pelayanan pada Restaurant Batagor Ihsan cabang Sukajadi untuk meningkatkan pelanggan dan mencapai profit yang maksimal terdiri dari: kejujuran, berbicara yang sopan, cekatan dalam melayani, ramah tamah dalam melayani, sabar dalam melayani, dalam hal tolong menolong, melayani konsumen dengan baik tanpa pilih kasih dan berpakaian yang rapi, telah dilaksanakan dengan baik oleh karyawan. Mengenai keramah-tamahan masih belum maksimal dalam memberikan pelayanan dan mempersilahkan pelanggan menikmati hidangan. Penerapan yang masih belum maksimal adalah tentang kebersihan dan kenyamanan pelanggan. Padahal pelayanan yang baik dan maksimal sangat menunjang keberhasilan dalam meningkatkan pelanggan dan profit bagi perusahaan. Sistem pelayanan yang diterapkan pada Restaurant Batagor Ihsan cabang Sukajadi ada sebagian yang telah diterapkan dengan baik dan sesuai dengan syariah Islam, sedangkan beberapa yang penerapan yang masih belum sesuai dengan syariah, yaitu tentang keramahan dalam melayani pelanggan, kebersihan dan kenyamanan pelanggan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 03:58 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 03:58 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8914 |
Actions (login required)
View Item |