Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN ETIKA PELAYANAN PADA SWALAYAN CUPIDO DALAM MEMAKSIMALKAN LABA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Rota Effian Sastra (2014) PENERAPAN ETIKA PELAYANAN PADA SWALAYAN CUPIDO DALAM MEMAKSIMALKAN LABA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (78kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Etika Pelayanan Pada Swalayan Cupido Dalam Memaksimalkan Laba Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Swalayan ini merupakan usaha yang bergerak dalam bidang penjualan barangbarang sehari-hari dan kebutuhan pokok lainnya. Tujuan dari setiap pendirian perusahaan adalah untuk mencari keuntungan yang semaksimal mungkin. Dalam sutu perusahaan konsumen merupakan suatu bagian yang terpenting karena itu wajib bagi karyawan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen. Pelayanan merupakan kunci utama tercapainya target suatu perusahaan karena dengan pelayanan yang baik dan menyenangkan akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi konsumen. Latar belakang penulis mengambil judul ini karena ingin mengetahui bagaimana penerapan etika pelayanan pada Swalayan Cupido Ujung Batu guna memaksimalkan laba. Dan bagaiman tinjauan Ekonomi Islam terhadap Penerapan Etika Pelayanan Pada swalayan Cupido. Skripsi ini adalah penelitian lapangan (fiel Research). Lokasi penelitian ini bertempat pada Swalayan Cupido Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu. Dalam penulisan ini yang menjadi populasi adalah pimpinan,karyawan atau pramuniaga serta pelanggan. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah pimpinan, karyawan dan 100 orang pelanggan. Pemilihan sampel berdasarkan Tekhnik Random Sampling. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang langsung diperoleh dari respoden melalui angket dan wawancara, dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari tulisan atau buku-buku. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisa data deskriftif kualitatis. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, bahwa Swalayan Cupido untuk memaksimalkan laba menerapkan Etika pelayanan yang terdiri dari: kejujuran, berbicara sopan, tanggap dalam melayani, ramah tamah dalam melayani, tidak berburuk sangka, melayani konsumen dengan baik tanpa pilih kasih dan berpakain yang rapi, didalam penerpannya karyawan yang telah melaksanakan etika pelayanan dengan baik terlihat dari penilaian yang cukup memuaskan dari pelanggan kecuali keinginan karyawan untuk menolong konsumen yang kesulitan. Tinjauan Ekonomi Islam terhadap penerapan etika pelayanan pada Swalayan Cupido sebagian sudah diterapkan sesuai dengan syariah islam dan ada yang belum yaitu keinginan karyawan untuk menolong konsumen yang kesulitan. Dalam islam manusia dituntut untuk berbuat baik terhadap sesama manusia dan dianjurkan untuk saling tolong-menolong dan ikhlas dalam melakukan sesuatu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 17 Nov 2016 03:16
Last Modified: 17 Nov 2016 03:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8904

Actions (login required)

View Item View Item