Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENIGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI UJI JARINGAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 008 RUMBIO KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Husnil Ahfan (2014) MENIGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI UJI JARINGAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 008 RUMBIO KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (66kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Masalah yang ditemui pada awal penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini terlihat dari hasil survei hasil belajar siswa kelas V SDN 008 Rumbio dan dikuatkan dengan mengadakan wawancara peneliti dengan guru kelas V SDN 008 Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi uji jaringan pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 008 Rumbio. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui strategi uji jaringan di kelas V SDN 008 Rumbio. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun tahapan-tahapan yang dilalui yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 008 Rumbio pada tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah guru 1 orang dan jumlah siswa sebanyak 18 orang, yaitu 8 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi Uji Jaringan yang akan diterapkan pada mata pelajaran IPA di SDN 008 Rumbio. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi dan soal evaluasi. Lembar observasi digunakan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa, sedangkan soal evaluasi digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis data hasil belajar siswa sebelum tindakan, diperoleh ketuntasan individual dari 18 orang siswa yaitu 8 orang siswa tuntas dan 10 siswa tidak tuntas, dengan rata-rata ketuntasan klasikal 55,55%. Setelah dilakukan tindakan, hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh ketuntasan individual yaitu 12 siswa tuntas dan 6 siswa tidak tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal 71,66%. Sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan individual yaitu 15 siswa dan 3 siswa tidak tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal 76,66%. Berdasarkan analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa terjadi peningkatan hasi belajar siswa melalui penerapan strategi uji jaringan pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 008 Rumbio.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 01 Sep 2016 04:41
Last Modified: 01 Sep 2016 04:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6802

Actions (login required)

View Item View Item