Fanny Usria (2014) EFEKTIFITAS PELAKSANAAN LAYANAN MEDIASI DALAM MENGATASI KONFLIK ANTAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KECAMATAN TANDUN KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (24kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) efektifitas pelaksanaan layanan mediasi dalam mengatasi konflik antar siswa (2) faktor-faktor yang mempengaruhiefektifitas pelaksanaan layanan mediasi dalam mengatasi konflik antar siswa di SMA Negeri 1 Tandun. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualititatif. Subjek penelitian ini adalah siswa yang mengikuti layanan mediasi, sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah efektifitas pelaksanaan layanan mediasi dalam mengatasi konflik antar siswa. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang siswa dan 1 orang guru pembimbing sebagai informan tambahan. Untuk pengumpulan data digunakan wawancara dengan siswa dan guru pembimbing. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif yaitu memaparkan, apa adanya hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efektifitas pelaksanaan layanan mediasi dalam mengatasi konflik antar siswa belum efektif yang terlihat dari: (l) masih ada siswa yang belum bisa bersikap toleran terhadap pihak lawan.siswa (2) masih ada siswa yang berpikiran untuk membalas perilaku pihak lawan dikemudian hari (3) masih ada siswa yang belum bisa memaafkan kesalahan teman (4) masih ada siswa yang belum tegur sapa (5) sikap guru BK dalam proses layanan mediasi terkadang tidak bersikap adil dan cenderung membela satu pihak saja. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas layanan mediasi dalam mengatasi konflik antar siswa adalah (1) kepribadian guru pembimbing yang bijaksana (2) pengalaman guru pembimbing yang sudah bertugas selama 5 tahun 3 bulan (3) keterampilan guru pembimbing yang matang (4) siswa yang mengikuti layanan mediasi cenderung mengutamakan ego dan gengsi (5) dalam pelaksanaan layanan mediasi siswa cenderung berbohong dan menutupi kesalahannya dan menyalahkan pihak lawan (6) keterbatasan waktu dalam pelaksanaan layanan mediasi (7) tidak adanya kerjasama guru pembimbing dan personil sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 04:29 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 04:29 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6798 |
Actions (login required)
View Item |