Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIK KARTU RESPONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI KEPUTUSAN BERSAMA SISWA KELAS V SD NEGERI 015 TANJUNG RAMBUTAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Musria Evendi (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIK KARTU RESPONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI KEPUTUSAN BERSAMA SISWA KELAS V SD NEGERI 015 TANJUNG RAMBUTAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran aktif teknik kartu respons pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V SD Negeri 015 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan hasil belajar siswa diantaranya, ketika dilakukan tes tertulis sebagian siswa memperoleh nilai di bawah Kreteria Ketuntasan Minimal yang telah ditentukan yaitu 70, yaitu dari 24 orang siswa hanya 12 orang atau 50% saja yang tuntas. Ketika diberikan pertanyaan tentang materi pelajaran sebagian siswa tidak bisa menjawab dan hanya 5 orang atau 21% dari 24 jumlah siswa saja yang dapat menjawab pertanyaan guru ketika dilakukan post test. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 015 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif teknik kartu respons untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 015 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata kelas 58 berada pada interval 50-59 dengan kategori kurang dengan ketuntasan secara klasikal 50%. Sedangkan pada setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan penerapan strategi pembelajaran aktif teknik kartu respons pada siklus I, hasil belajar siswa terjadi sedikit peningkatan dengan rata-rata 76 berada pada interval 70-79 dengan kategori baik dan katuntasan klasikal mencapai 70%. Sedangkan tindakan pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 80 berada pada interval 80-100 dengan kategori sangat baik dan ketuntasan klasikal mencapai 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 05 Aug 2016 03:09
Last Modified: 05 Aug 2016 03:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6217

Actions (login required)

View Item View Item