Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN AFFINITY GROUPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (NKRI) SISWA KELAS V/B SEKOLAH DASAR NEGERI 176 PEKANBARU KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU

Nur Fatimah Daulay (2014) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN AFFINITY GROUPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (NKRI) SISWA KELAS V/B SEKOLAH DASAR NEGERI 176 PEKANBARU KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas V/B Sekolah Dasar Negeri 176 Pekanbaru Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru melalui teknik pembelajaran Affinity Grouping pada materi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah teknik pembelajaran Affinity Grouping dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kelas V/B Sekolah Dasar Negeri 176 Pekanbaru Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V/B Sekolah Dasar Negeri 176 Pekanbaru Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru tahun ajaran 2013/2014. Sedangkanobjek dalam penelitian ini adalah penerapan teknik pembelajaran Affinity Grouping untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa teknik pembelajaran Affinity Grouping dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada persentase yang diperoleh sebelum tindakan 46%. Sedangkan pada siklus I persentase siswa meningkat menjadi 70,2%, selanjutnya pada siklus II meningkat lagi menjadi 81%. Pada aktivitas guru persentase yang diperoleh adalah 58,33% dan meningkat menjadi 91,7%. Pada aktivitas siswa persentase yang diperoleh adalah 54,05% meningkat menjadi 83,78%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 21:48
Last Modified: 30 Jul 2016 21:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6030

Actions (login required)

View Item View Item