Nur Fatimah Daulay (2014) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN AFFINITY GROUPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (NKRI) SISWA KELAS V/B SEKOLAH DASAR NEGERI 176 PEKANBARU KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (53kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas V/B Sekolah Dasar Negeri 176 Pekanbaru Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru melalui teknik pembelajaran Affinity Grouping pada materi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah teknik pembelajaran Affinity Grouping dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kelas V/B Sekolah Dasar Negeri 176 Pekanbaru Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V/B Sekolah Dasar Negeri 176 Pekanbaru Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru tahun ajaran 2013/2014. Sedangkanobjek dalam penelitian ini adalah penerapan teknik pembelajaran Affinity Grouping untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa teknik pembelajaran Affinity Grouping dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada persentase yang diperoleh sebelum tindakan 46%. Sedangkan pada siklus I persentase siswa meningkat menjadi 70,2%, selanjutnya pada siklus II meningkat lagi menjadi 81%. Pada aktivitas guru persentase yang diperoleh adalah 58,33% dan meningkat menjadi 91,7%. Pada aktivitas siswa persentase yang diperoleh adalah 54,05% meningkat menjadi 83,78%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 30 Jul 2016 21:48 |
Last Modified: | 30 Jul 2016 21:48 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6030 |
Actions (login required)
View Item |