KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Nuri Yantini, (2014) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola pembelajaran di dalam kelas. Hasil penelitian ini diharapkan dapat diketahui bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kampar Airtiris dan apa saja faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Kompetensi pedagogik yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam mengelola pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan, kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala berikut : Masih ada sebagian guru kurang memberikan penguatan pendekatan kepada siswa dalam menjelaskan materi Pendidikan Agama Islam. Siswa lebih cenderung berdiam diri dalam proses pembelajaran karena guru kurang memberikan penguatan terhadap tanggapan atau jawaban yang diberikan siswa. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah yang diteliti adalah: “Bagaimana kompetensi pedagogic guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kampar Airtiris dan apa faktor yang mempengaruhinya?.” Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah teknik, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan yang data yang diperoleh, maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah : kompetensi pedagogic guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kampar Airtiris tergolong cukup baik dengan persentase 70%. Hasil ini dipengaruhi oleh: Latar belakang pendidikan, faktor pengalaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 20:56
Last Modified: 30 Jul 2016 20:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6004

Actions (login required)

View Item View Item