Nurhidayah (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI TEKNIK QUICK SHORTKELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 010 SIBIRUANG KECAMATAN KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (46kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 010 Sibiruang Kecamata Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah Teknik Quick Short dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas IV Sekolah Dasar Negeri 010 Sibiruang Kecamatan Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus , tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah murid kelas IVA Sekolah Dasar Negeri 010 Sibiruang Kecamatan Kampar Hulu tahun ajaran 2013/2014. Pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn). Jumlah siswa yang dijadikan subjek penelitian ini adalah 25 orang anak. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah hasil belajar dan menggunakan teknik Quick short dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, dan tes hasil belajar. Berhasilnya penerapan teknik Quick Short pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan, diketahui adanya peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Pada sebelum tindakan siswa yang tuntas sebanyak 3 orang (12%), pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 14 orang (56%), dan pada siklus II ketuntasan siswa mencapai 21 orang siswa (84%). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan teknik Quick short dengan baik dan benar dapat dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas IVA Sekolah Dasar Negeri 010 Sibiruang Kecamatan Kampar Hulu Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 07 Jun 2016 04:06 |
Last Modified: | 07 Jun 2016 04:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5202 |
Actions (login required)
View Item |