Feri Fadli Supardi (2014) PENERAPAN TEKNIK PENGAJUAN PENDAPAT TERTULIS MELALUI MATERI MENTAATI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 004 RANAH SUNGKAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (57kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada materi mentaati peraturan perundang-undangan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Ranah Sungkai dengan melalui teknik pengajuan pendapat tertulis. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di V Sekolah Dasar Negeri 004 Ranah Sungkai. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Ranah Sungkai dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Adapun objek penelitiannya adalah penerapan teknik pengajuan pendapat tertulis. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Indikator keberhasilan hasil belajar PKn yang ditetapkan dalam penelitian ini, jika mencapai secara klasikal diperoleh > 75% dari jumlah siswa mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan teknik pengajuan pendapat tertulis pada materi mentaati peraturan perundang-undangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Ranah Sungkai. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase rata-rata ketercapaian hasil belajar PKn siswa pada pra tindakan adalah 62.50 dengan persentase ketuntasan 41,67%, sedangkan setelah penerapan tindakan meningkat menjadi 83.33% dengan rata-rata nilai hasil belajar sebesar 71.29.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 17 May 2016 03:43 |
Last Modified: | 17 May 2016 03:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4927 |
Actions (login required)
View Item |