PENGARUH KEAKTIFAN GURU DALAM MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGELOLA PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 2 TEMIANG KECAMATAN BUKIT BATU

Nikki Ariyani, (2014) PENGARUH KEAKTIFAN GURU DALAM MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGELOLA PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 2 TEMIANG KECAMATAN BUKIT BATU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara keaktifan guru dalam musyawarah guru mata pelajaran terhadap kemampuan mengelola proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 2 Temiang Kecamatan Bukit Batu. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu keaktifan guru dalam musyawarah guru mata pelajaran (variabel X) dan kemampuan mengelola proses pembelajaran (variabel Y). Sedangkan rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara keaktifan guru dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) terhadap kemampuan mengelola proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 2 Temiang. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru bidang studi ekonomi yang mengajar di SMAN 2 Temiang, sedangkan objeknya adalah pengaruh keaktifan guru dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran terhadap kemampuan mengelola proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 2 Temiang. Populasinya adalah 4 orang guru SMAN 2 Temiang, karena jumlah populasi kurang dari 100 maka penulis mengambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Jadi peneliti mengambil sampel sebanyak 4 orang. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil dan analisa data ternyata Ha dapat diterima pada taraf signifikan 5% (0.950) dan 1% (0.910) karena ini dibuktikan dari hasil regresi yang menyatakan nilai r hitung ro (observasi) = 0.962. Analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan guru dalam musyawarah guru mata pelajaran terhadap kemampuan mengelola proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 2 Temiang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 10 May 2016 23:25
Last Modified: 10 May 2016 23:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4662

Actions (login required)

View Item View Item