Nikki Ariyani (2014) PENGARUH KEAKTIFAN GURU DALAM MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGELOLA PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 2 TEMIANG KECAMATAN BUKIT BATU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (31kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (19kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara keaktifan guru dalam musyawarah guru mata pelajaran terhadap kemampuan mengelola proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 2 Temiang Kecamatan Bukit Batu. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu keaktifan guru dalam musyawarah guru mata pelajaran (variabel X) dan kemampuan mengelola proses pembelajaran (variabel Y). Sedangkan rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara keaktifan guru dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) terhadap kemampuan mengelola proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 2 Temiang. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru bidang studi ekonomi yang mengajar di SMAN 2 Temiang, sedangkan objeknya adalah pengaruh keaktifan guru dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran terhadap kemampuan mengelola proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 2 Temiang. Populasinya adalah 4 orang guru SMAN 2 Temiang, karena jumlah populasi kurang dari 100 maka penulis mengambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Jadi peneliti mengambil sampel sebanyak 4 orang. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil dan analisa data ternyata Ha dapat diterima pada taraf signifikan 5% (0.950) dan 1% (0.910) karena ini dibuktikan dari hasil regresi yang menyatakan nilai r hitung ro (observasi) = 0.962. Analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan guru dalam musyawarah guru mata pelajaran terhadap kemampuan mengelola proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 2 Temiang
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 10 May 2016 23:25 |
Last Modified: | 10 May 2016 23:25 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4662 |
Actions (login required)
View Item |