PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU EKONOMI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH PEKANBARU

Amelia Asriani, (2014) PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU EKONOMI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu kemampuan komunikasi guru ekonomi (variabel bebas/independen atau variabel X) dan motivasi belajar siswa (variabel dependent/terikat atau variable Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh kemampuan komunikasi guru ekonomi terhadap motivasi belajar siswa jurusan ilmu pengetahuan social di sekolah menengah atas muhammadiyah pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Pekanbaru , sedangkan objeknya adalah kemampuan komunikasi guru ekonomi terhadap motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 120 siswa, karena jumlah populasi lebih dari 100,maka penulis mengambil sampel sebanyak 55 siswa dengan menggunakan rumus solvin. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS (Statistica Program Society Science) versi 19.0 for windows. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara, kemampuan komunikasi guru ekonomi terhadap motivasi belajar siswa jurusan ilmu pengetahuan social di sekolah menengah atas muhammadiyah pekanbaru adalah 0.766 X 100% = 76,6% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain sebesar 23,4%. Di mana ro (observasi) = 0,766 lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,273 < 766> 0,354, ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 10 May 2016 18:43
Last Modified: 10 May 2016 18:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4654

Actions (login required)

View Item View Item