Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IVA SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Juresmi (2014) PENERAPAN STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IVA SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (39kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar melalui strategi learning starts with a question. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mengikuti pelajaran Ilmu Pengetahhuan Alam, hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala dalam proses belajar mengajar yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, sehingga nilai yang diperoleh siswa dibawah KKM yang sudah ditetapkan sekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahhuan Alam siswa kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar melalui strategi learning starts with a question. Penelitian ini merupakan Penelitain Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar sebelum dilakukan tindakan ke siklus I dan ke siklus II. Sebelum dilakukan tindakan hasil belajar siswa tergolong “rendah” dengan persentase 46,2%, terjadi peningkatan pada siklus I dengan persentase 73,1% dengan kriteria ”tinggi”. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan persentase 92,3% dengan kategori “sangat tinggi”, hal ini membuktikan bahwa dengan strategi learning starts with a question dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Ilmu Pengetahhuan Alam Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 10 May 2016 18:15
Last Modified: 10 May 2016 18:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4640

Actions (login required)

View Item View Item