PENGARUH MINAT BACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU

Yeni Susanto, (2014) PENGARUH MINAT BACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I(22).pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II(21).pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III(19).pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text
BAB IV(10).pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img]
Preview
Text
BAB V(3).pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Dalam dunia pendidikan banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, salah satunya adalah faktor minat siswa. Penelitian ini lebih menekankan pada minat baca siswa. Siswa yang memiliki minat baca yang tinggi mereka akan berusaha mencari bahan bacaan, terutama bahan bacaan yang menyangkut dengan materi pelajaran, sehingga akan menambah wawasannya. Dengan demikian minat baca siswa diharapkan dapat mempengaruhi prestasi belajarnya. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis melakukan penelitian yang berjudul pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru, dengan rumusan masalah : Apakah ada pengaruh yang signifikan antara minat baca terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 19 November - 10 Desember 2012 di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru, dan yang menjadi objeknya adalah pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah angket, wawancara dan dokumentasi, kemudian data yang terkumpul dianalisa dengan teknik korelasi serial. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa minat baca memiliki pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan korelasi serial yang diperoleh yaitu: dapat dilihat bahwa rxy = 0,27780438 adalah lebih besar dari rt pada taraf signifikan 5% dan lebih kecil dari rt pada taraf signifikan 1%. Dengan demikian dapat dituliskan 0,273<0,27780438<0,354. Hal ini juga dapat dilihat bahwa rxy (0,27780438) berada pada interval 0.20-0.399 yang berarti tingkat hubungan rendah. Dengan demikian tinggi rendahnya minat baca ada pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 May 2016 16:18
Last Modified: 03 May 2016 16:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4208

Actions (login required)

View Item View Item